AS Tempatkan Indonesia Negara Risiko Rendah Covid-19, Sari Yuliati : Kerja Keras Ketum Golkar Terbukti & Diakui Dunia

AS Tempatkan Indonesia Negara Risiko Rendah Covid-19, Sari Yuliati : Kerja Keras Ketum Golkar Terbukti & Diakui Dunia

Sariyuliati.com – Centers for Disease Control and Prevention (CDC)atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, menempatkan Indonesia sebagai negara berisiko rendah penyebaran Covid-19, dengan kategori level 1.

Dalam website resminya mereka mencantumkan kategori Level 1: COVID-19 Low untuk Indonesia. Tentu saja hal ini menjadi kabar baik bagi Indonesia dan industri perjalanan tanah air, menyusul kasus Covid yang terus mengalami penurunan.

Kebijakan itu ditetapkan per tanggal 25 Oktober 2021. Sambil CDC memberikan beberapa imbauan bagi warga AS yang ingin bepergian ke Indonesia.

“Pastikan Anda sudah divaksinasi lengkap sebelum bepergian ke Indonesia,” tulis pengumuman tersebut.

Kemudian, wisatawan AS diminta mengikuti rekomendasi atau persyaratan di Indonesia, termasuk mengenakan masker dan menjaga jarak 6 kaki dari yang lain.

Adapun pengategorian level itu dibuat berdasarkan jumlah kasus di negara tujuan perjalanan selama 28 hari terakhir. Beberapa Level Travel Health Notice dari CDC ialah :

Level 4: Tingkat COVID-19 yang sangat tinggi Hindari perjalanan ke tujuan ini.

Level 3: Tingkat tinggi COVID-19 Pastikan Anda sudah divaksinasi lengkap sebelum bepergian.

Level 2: COVID-19 tingkat sedang Pastikan Anda divaksinasi lengkap sebelum bepergian. Pelancong yang tidak divaksinasi yang berisiko tinggi terkena penyakit parah akibat COVID-19 harus menghindari perjalanan yang tidak penting ke tujuan ini.

Level 1: Tingkat rendah COVID-19 Pastikan Anda sudah divaksinasi lengkap sebelum bepergian ke destinasi ini.

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi III DPR RI, Sari Yuliati menjelaskan pengakuan yang diberikan oleh CDC Amerika Serikat merupakan hal yang patut disyukuri. Menurutnya ini menjadi bukti bahwa program pengendalian Covid-19 yang dijalankan pemerintah dengan dikomandoi oleh Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto berada di jalur yang tepat.

“Kerja keras Bapak Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian, sekaligus Ketua KPC-PEN telah membuahkan hasil sehingga diakui dunia. Dunia saja mengakui hal tersebut maka kita pun harus mensyukuri dan menjaga capaian ini agar kasus Covid-19 di negara kita terus menurun,” jelas Sari.