Sari Yuliati : Tagana Berperan Penting Penanggulangan Bencana

Sariyuliati.com – Kehadiran Taruna Siaga Bencana (Tagana) di tengah-tengah masyarakat telah banyak membantu pemerintah dalam hal penanggulangan bencana.

Hal itu diungkapkan Anggota DPR RI asal NTB, Sari Yuliati dalam peringatan hari jadi Tagana ke-18 tahun tingkat Nusa Tenggara Barat tahun 2022.

Sari menilai relawan Tagana sejauh ini bekerja aktif membantu pemerintah.

“Relawan Tagana selama ini bekerja aktif membantu pemerintah dalam hal kebencanaan mereka direkrut dari unsur masyarakat, utamanya pemuda yang tanggap,” katanya.

Sari meminta pemerintah untuk terus memberi dukungan kepada Tagana, termasuk dalam hal kemampuan agar lebih profesional menjadi garda terdepan pada saat melaporkan maupun menjadi penolong relawan kemanusiaan di tengah masyarakat.

Sari mengingatkan kondisi geografis Indonesia yang terletak pada pertemuan tiga lempeng dunia, menjadikan Indonesia rentan mengalami bencana alam.

“Ancaman yang kita hadapi saat ini, bencana alam yang harus cepat diantisipasi. Kalau bencana tersebut tidak tertangani dengan baik akan menghambat jalannya pembangunan nasional,” ujarnya.

“Tagana, harus menjadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana,” tutup Sari.