Sari Yuliati Mendukung Pemberian Amnesti bagi Saiful Mahdi

Sari Yuliati Mendukung Pemberian Amnesti bagi Saiful Mahdi

Sariyuliati.com – Anggota Komisi III DPR Sari Yuliati mengapresiasi Presiden Jokowi atas keputusan memberikan amnesti kepada dosen Unsyiah, Saiful Mahdi.

Menurutnya, pemerintah telah mengambil keputusan tepat dengan memberi pengampunan terhadap kasus pidana yang menjerat masyarakat karena Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Sari menyebut, sebelumnya penasehat hukum Saiful Mahdi juga menghubungi dirinya dan meminta dukungan di parlemen. Hal itu pun kata Sari ditindaklanjuti dengan dukungan saat sidang di DPR.

“Ditindaklanjuti dengan penggalangan dukungan di DPR yang akhirnya membuahkan persetujuan amnesti untuk Saiful,” jelasnya.

Sari menambahkan, setelah DPR juga menyetujui amnesti kepada Saiful, maka ini dapat menjadi momentum polisi dan kejaksaan bersikap lebih profesional terkait laporan UU ITE di masyarakat.

“Melalui pengampunan ini kita mendorong agar Kepolisian dan Kejaksaan semakin profesional dalam mengkaji dan menerima laporan atas kasus UU ITE di masyarakat. sebab masyarakat harus dilindungi dalam menyatakan pendapatnya sesuai amanat konstitusi,” jelas Sari.

Sari melanjutkan memberi perhatian kepada kasus yang menimpa Saiful. Ia pun menitipkan pesan kepada Saiful dan isterinya Dian Rubianty agar dapat segera kembali bangkit dan beraktifitas sedia kala.

“Semoga isteri dan anak beliau serta keluarga besarnya dapat segera bangkit. Tetap menjadi dosen di Unsyiah demi mendorong pendidikan berkualitas di Aceh,” jelasnya.

Diketahui, Saiful Mahdi menjadi terpidana dijatuhi pidana 3 bulan dan didenda Rp10 juta subsider kurungan 1 bulan. Kasusnya yaitu pencemaran nama baik dalam UU ITE. Ia mengkritik proses CPNS di kampus Unisyah tempatnya menjadi dosen beberapa waktu lalu.