Sari Yuliati Meminta Masyarakat Tak Berspekulasi Terkait kebakaran di Lapas Tangerang

Sari Yuliati Meminta Masyarakat Tak Berspekulasi Terkait kebakaran di Lapas Tangerang

sariyuliati.com — Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Golkar, Sari Yuliati meminta masyarakat tak berspekulasi terkait kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten. Publik diharapkan untuk menunggu hasil resmi investigasi dari pihak kepolisan terkait kebakaran tersebut.

“Saya berharap masyarakat tidak berspekulasi atas kejadian kebakaran ini dan menunggu hasil investigasi,” kata Sari melalui keterangan resminya, Kamis (9/9/2021).

Lebih lanjut, Sari juga mengucapkan duka cita yang mendalam kepada keluarga korban atas peristiwa kebakaran maut tersebut. Dalam peristiwa ini, sebanyak 44 warga binaan meninggal dunia. Di mana, 41 warga binaan meninggal kemarin, dan tiga orang lainnya hari ini saat dirawat di RSUD Tangerang.

“Saya menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam kepada keluarga korban yang ditinggalkan atas musibah ini,” ujarnya.

Sari juga menyoroti persoalan kelebihan kapasitas (overcapacity) yang terjadi pada Lapas di Indonesia. Menurutnya, ini merupakan menjadi permasalahan klasik, namun belum juga terurai. Ia berharap ada pembenahan terkait masalah ini mulai dari hulu sampai hilir.

“Permasalahan overcapacity ini kan permasalahan klasik pada Lapas di Indonesia, pembenahan yang serius dari hulu yaitu tentang undang-undang sampai ke hilir dalam bentuk fisik Lapas mutlak dilakukan untuk perbaikan kondisi Lapas ke depannya,” katanya.

Sekadar informasi, kebakaran hebat melanda Lapas Kelas I Tangerang, pada Rabu, 8 September 2020, sekira pukul 01.50 WIB, dini hari. Sebanyak 44 warga binaan menjadi tewas dalam peristiwa kebakaran maut tersebut. Dugaan sementara, kebakaran berawal dari hubungan arus pendek di Blok C2 Lapas Tangerang.

Sumber: okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.