Maknai Hari Sumpah Pemuda, Sari Yuliati Ajak Pemuda Jadi Pemimpin Masa Depan

Maknai Hari Sumpah Pemuda, Sari Yuliati Ajak Pemuda Jadi Pemimpin Masa Depan

Sariyuliati.com – Menyambut Hari Sumpah Pemuda hari ini, Kamis 28 Oktober 2021, Anggota Komisi III DPR RI, Sari Yuliati mengajak para pemuda NTB dan Indonesia terus mendorong persatuan demi kepemimpinan masa depan.

Sari menegaskan sejarah Sumpah Pemuda adalah sejarah ikrar bersama para pendiri bangsa yang mempersatukan anak bangsa dari berbagai golongan, suku agama dan ras.

“Di era ini pemuda Indonesia harus mengambil peran dalam persatuan demi kemajuan bangsa dan negara, sama seperti tokoh masa perjuangan yang bersatu melawan penjajah,” tegasnya.

Sari menjelaskan dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 ini momen untuk menegaskan pentingnya Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, meletakkan secara jelas fungsi dan peran strategis dari pemuda dalam hal pemimpin dan kepemimpinan.

Menurutnya melalui aturan yang ada pemuda perlu terus didorong mengembangkan potensi dan perannya melalui prestasi dan pengembangan diri untuk mewujudkan pembangunan nasional.

“Kita butuh pemimpin-pemimpin muda mumpuni yang berkualitas, sehingga generasi muda hari ini perlu memiliki jiwa kompetisi dengan bangsa lain,” tutupnya.

Sari menjelaskan sudah sepatutnya para pemuda Indonesia mempersiapkan diri berjuang sebagaimana peristiwa Sumpah Pemuda yang diawali dengan Kongres Pemuda I pada 30 April sampai 2 Mei 1926.

“Tokoh-tokoh yang terlibat adalah para founding father Indonesia, seperti Soekarno, Hatta, Ahmad Yamin. Sehingga pemuda saat ini harus selalu mengingat arti pentingnya persatuan. Anak muda adalah generasi pemimpin masa depan sehingga semangat bersatu dalam keberagaman harus terus dirajut hingga sekarang,” jelas Sari.