Lapas Over Kapasitas, Sari Yuliati : Perlu Perbaikan dari Hulu Hingga Hilir

Lapas Over Kapasitas, Sari Yuliati : Perlu Perbaikan dari Hulu Hingga Hilir

Sariyuliati.com – Peristiwa terbakarnya Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Klas I Tangerang yang menewaskan 44 narapidana jadi sorotan luas. Persoalan klasik yang tak ada solusi dalam peristiwa maut itu yakni masih seputar over kapasitas lapas.

Demikian jadi perhatian Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Golkar Sari Yuliati. Menurut dia, over kapasitas masih jadi persoalan yang belum selesai sejak dulu.

Sari bilang, masalah over kapasitas ini perlu perbaikan dari hulu sampai hilir yang mesti diatur dalam Undang-Undang.

“Permasalahan overcapacity ini kan permasalahan klasik pada lapas di Indonesia. Pembenahan yang serius dari hulu yaitu tentang Undang-Undang sampai ke hilir dalam bentuk fisik Lapas mutlak dilakukan untuk perbaikan kondisi Lapas ke depannya,” ujar Sari, dalam keterangannya, Kamis, 9 September 2021.

Sari pun meminta agar semua pihak menunggu laporan aparat dan hasil tim investigasi terkait terbakarnya Lapas Tangerang. Meski ada dugaan pemicu kebakaran karena korsleting listrik di Blok C2 lapas. Dia berharap agar tak ada spekulasi liar yang dihembuskan terkait penyebab kebakaran. Kemudian, Sari mengungkapkan duka cita untuk keluarga korban tewas. 

“Saya berharap masyarakat tidak berspekulasi atas kejadian kebakaran ini dan menunggu hasil investigasi,” lanjut Sari.

Dari laporan terakhir, jumlah napi meninggal bertambah 3 orang. Ketiga napi tersebut meninggal di RSUD Kabupaten Tangerang. Dengan demikian, total korban tewas menjadi 44 orang.

Humas RSUD Kabupaten Tangerang dr. Hilwani mengatakan, korban terakhir meninggal pukul 07.00 WIB dengan kondisi luka bakar mencapai 98 persen.

2 korban meninggal sebelumnya pada pukul 03.00 WIB dan 05.00 WIB. Kondisi luka bakar di ketiga napi itu di atas 80 persen dan 90 persen

“Total yang meninggal ada tiga pasien dengan luka bakar semua di atas 80 persen, dan 90 persen,” kata Hilwani.

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1402998-lapas-over-kapasitas-masalah-klasik-yang-tidak-ada-solusi?page=all&utm_medium=all-page

Leave a Reply

Your email address will not be published.